Senin, 18 April 2011


TUGAS MAKALAH
KEANEKARAGAMAN DAN KLASIFIKASI PHANEROGAMAE
KENANGA”
(Cananga odorata)


Oleh :
NAMA : Reza Kurnia A
NIM : K4309067
Semester : IV
Prodi : Pendidikan Biologi

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2011
KATA PENGANTAR

Segala puji syukur penulis panjatkan pada Tuhan YME yang mana berkat Rahmat dan Hidayah-Nya lah akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “KENANGA”. Makalah ini diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Keanekaragaman dan Klasifikasi Phanerogamae.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini tidak akan terwujud tanpa adanya bantuan, bimbingan, dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis tidak lupa mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah bersedia membantu dalam penyusunan makalah ini. Semoga Allah SWT memberikan balasan yang berlipat ganda atas semua bantuan, dan dukungan yang diberikan.
Penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih belum sempurna dan banyak kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharap kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.


Surakarta, Maret 2011

Penulis





DAFTAR ISI

Kata pengantar...........................................................................................................................ii
Daftar isi ...................................................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar belakang ........................................................................................................4
  2. Rumusan masalah ...................................................................................................4
  3. Tujuan .....................................................................................................................4
BAB II PEMBAHASAN
  1. Klasifikasi ...............................................................................................................5
  2. Peran .......................................................................................................................5
BAB III PENUTUP
  1. Kesimpulan .............................................................................................................8
  2. Saran .......................................................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA ...............................................................................................................9








BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang

  1. Rumusan Masalah
  1. Bagaimana klasifikasi dari tanaman kenanga?
  2. Apa saja peran / manfaat kenanga dalam kehidupan masyarakat Indonesia?
  1. Tujuan
  1. Untuk mengetahui klasifikasi dari tanaman kenanga.
  2. Mengetahui berbagai peran tanaman kenanga dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
BAB II
PEMBAHASAN

  1. Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Magnoliales
Family : Annonaceae
Genus : Cananga
Spesies : Cananga odorata

  1. Peran
Di Indonesia, banyak acara adat atau perawatan tubuh dengan menggunakan berbagai jenis bunga termasuk bunga Kenanga ini. Misalnya saja untuk acara penikahan, selain bunga melati, bunga kenanga juga turut serta dalam menghias dan menambahkan aroma wangi yang khas di sepanjang acara ataupun menghiasi sebuah ruangan. Untuk perawatan tubuh, bunga ini digunakan sebagai pewangi pada rambut dan seluruh tubuh dengan sari minyak bunganya.
Bunga kenanga dijadikan maskot masyarakat Sumatra Utara. Bunga ini digunakan untuk upacara adat terutama pada upacara pemakaman dan ziarah kubur. Kenanga juga menghasilkan kayu, yang berukuran besar dijadikan peti mati atau perkakas rumah. Kulit kayunya dapat dimanfaatkan sebagai serat untuk tali (di daerah-daerah Indonesia Timur).
Dengan aromanya yang harum, bunga kenanga sering dipakai dalam ritual penikahan, upacara tingkeban, upacara 7 bulanan hamil, dsb. Sedangkan di Keraton kenanga digunakan untuk perawatan tubuh (ngadi salira).
Sebagai mitos, dalam kebudayaan Jawa, kehadiran bunga Kenanga di dalam taman dapat menjadi penangkal ilmu hitam, guna-guna dan sejenisnya untuk melindungi rumah beserta isinya. Ada juga yang mempercayai bawah dengan menanam pohon ini di taman, akan enteng jodoh bagi anggota keluarga yang belum berkeluarga.
Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma dalam Ensiklopedia Tumbuhan Berkhasiat Obat Bunga kenanga dapat juga digunakan untuk beberapa pengobatan berikut ini:
  1. Memyembukan penyakit kuning
Caranya masukkan 3 kuntum bunga kenanga ke dalam segelas air panas tutup hingga dingin, diminum 3 x sehari, apabila ditambah minyak kenanga juga baik untuk aromatheraphy. untuk kencantikan minyak kenangan dipakai dalam campuran masker dan lulur.
  1. Demam nifas
Caranya yaitu 5 kuntum bunga kenanga, 5 kuntum bunga turi merah, rimpang kunyit, kencur, temu hitam masing-masing 10 gram, dan 25 gram asam, semuanya ditumbuk halus, tambahkan sedikit garam dan air bersih, lalu digosokkan pada bagian punggung atau sebagai tapal pada perut. Lakukan dua kali sehari.
  1. Encok (rematik)
Caranya dengan 12 kuntum bunga kenanga yang belum mekar, 30 gram daun srikaya, 20 gram daun ketapang, 20 gram jahe, 10 butir merica, dicuci dan ditumbuk halus lalu tambahkan air dan kapur sirih sedikit, diaduk lalu digosokkan pada bagian badan yang sakit. Lakukan hal tersebut selama 2 kali sehari.
  1. Kudis (scabies)
Yaitu dengan 50 gram bunga kenanga dicuci dan ditumbuk halus, tambahkan 20 cc minyak goreng, dipanaskan sebentar, setelah dingin minyaknya dioleskan pada bagian kulit yang sakit.
  1. Digigit serangga
Caranya 2 kuntum bunga kenanga, 1 kuntum bunga mawar, 10 kuntum bunga melati, diremas dengan 1 sendok teh minyak kelapa, kemudian ditempelkan pada luka bekas gigitan.
  1. Sakit kepala
15 gram bunga kenanga dan 15 gram jahe diiris-iris, direbus dengan 400 cc hingga tersisa 200 cc, lalu airnya diminum selagi hangat.
  1. Mengatasi perasaan gelisah
Caranya 15 gram bunga kenanga dan 30 gram kim cim direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, lalu airnya diminum sedangkan kim cimnya dapat dimakan.
  1. Malaria
Yaitu dengan cara 3 kuntum bunga kenanga yang kering diseduh dengan 200 cc air mendidih lalu tutup rapat, setelah agak dingin disaring lalu diminum. Lakukan secara teratur.
  1. Sesak napas (asma)
Yaitu caranya 15-30 gram bunga kenanga direbus dengan 200 cc air hingga tersisa 100 cc, tambahkan 1,5 sendok teh gula pasir, disaring lalu diminum lakukan dua kali sehari, - 15 gram bunga kenanga dan 15 gram kulit semangka kering, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, setelah dingin disaring lalu airnya diminum.
  1. Radang saluran napas (bronchitis)
Caranya 10-15 gram bunga kenanga dan 10 gram pahap/umbi bunga lili kering direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc, disaring lalu diminum selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.
  1. Batuk (tussis)
Caranya dengan 15 gram bunga kenanga, 15 gram kulit jeruk mandarin/keprok kering, dan 10 gram pahap/umbi bunga lili kering direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu air diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur.
  1. Mencegah dan mengatasi hepatitis
30 gram bunga kenanga, 20 gram temulawak, dan 15 gram bangle direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Setelah dingin, disaring lalu airnya diminum.
  1. Mencegah dan mengatasi bau badan
Caranya : 15 gram bunga kenanga dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring lalu airnya diminum. Lakukan secara teratur.
  1. Keputihan
Caranya : 30 gram bunga kenanga dan 30 gram kulit delima kering direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, setelah dingin disaring lalu airnya diminum. Lakukan secara teratur 2-3 kali sehari.
  1. Radang saluran kencing
Dengan cara : 20 gram bunga kenanga, 30 gram daun kumis kucing segar, 30 gram sambiloto segar, dan 30 gram daun sendok segar, dicuci dan direbus dengan 1 liter air hingga tersisa 500 cc, lalu airnya diminum untuk dua kali sehari. Lakukan secara teratur.

Minyak ekstrak dari bunga kenanga (essential oil) digunakan dalam pengobatan aroma terapi untuk menenangkan dan merelakskan jiwa terutamanya ketika PMS (pre-menstrual syndrome), dapat juga digunakan untuk melegakan kesakitan atau kekejangan yang berlaku ketika haid dan juga melancarkan haid. Selain itu, juga mampu menurunkan tekanan darah, boleh digunakan untuk mengobati darah tinggi. Boleh juga digunakan untuk mengatasi masalah mati pucuk (impoten) bagi lelaki dan frigid bagi wanita. Minyak ini juga boleh digunakan untuk kegunaan kosmetik seperti mengurangkan garis penuaan, menggalakkan pertumbuhan sel baru, merawat jerawat, mengatasi masalah kulit kasar dan berminyak, menggalakkan pertumbuhan rambut, menghilangkan kelumumur. Boleh juga digunakan untuk menghilangkan tekanan dan insomnia.

Di Philipina, kenanga juga digunakan untuk membuat minyak rambut dan hair tonic. Bahkan dibuat salep yang digosokkan ke seluruh tubuh untuk menangkis serangan penyakit di musim hujan. Setidaknya dapat menangkal gigitan nyamuk dan serangga berbisa termasuk ular.


BAB III
PENUTUP
  1. Kesimpulan
  2. Saran
DAFTAR PUSTAKA

    1. http://galengan.wordpress.com/2008/11/16/kenanga-belanda/

http://zalehahalimi.tripod.com/pokok_bunga_tanjung.htm

http://clubbing.kapanlagi.com/showthread.php?t=15427
http://ms.wikipedia.org/wiki/Pokok_Kenanga
http://www.melur.com/myherba.asp?plant_id=9&cat=
http://keluargamustafa.wordpress.com/2008/07/02/bunga-kenanga-penyembuh-bronkhitis/
http://www.anneahira.com/bunga/kenanga.htm
http://karnodoank.wordpress.com/2010/12/17/bunga-kenanga/
http://www.kebonkembang.com/profil-tanaman-rubrik-33/22.html
http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=145
http://kebunrayaenrekang.com/kayu-kenanga-cananga-odorata/.htm

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar